Tanjung, 30 Oktober 2025 – Samsat Tanjung menerima kunjungan dari Bapak Andi Irawan, S.Kom., M.I.P Kepala Bidang Inovasi dan Pengelolaan Sistem Informasi Pendapatan Daerah Bapenda Provinsi Kalimantan Selatan, bersama Bapak Didik Suhartanto, S.H., M.M. Kanit STNK Ditlantas Polda Kalimantan Selatan, beserta jajaran. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka memantau pelaksanaan layanan Samsat, Progres Sosialisasi Program Kesamsatan, sekaligus memastikan kesiapan teknis dan operasional sistem e-filing, yaitu arsip digital kepolisian yang mendukung pelayanan STNK berbasis elektronik.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan meninjau langsung proses pelayanan di kantor Samsat Tanjung, termasuk pelaksanaan program dan sosialisasi pemutihan pajak kendaraan bermotor yang saat ini sedang berlangsung di seluruh Kalimantan Selatan. Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam melunasi kewajiban pajaknya melalui penghapusan denda serta memberikan kesempatan untuk tertib administrasi kendaraan. Selain Pemutihan juga ada program Gebyar Panutan Pajak Daerah sebagai bentuk apresiasi kepada wajib pajak yang taat.
Selain memantau pelaksanaan layanan, Kanit STNK Ditlantas Polda Kalsel juga melakukan pengecekan terhadap kesiapan infrastruktur e-filing. Sistem ini menjadi langkah penting dalam mewujudkan digitalisasi pelayanan kepolisian, terutama dalam hal pengarsipan dokumen kendaraan bermotor agar lebih efisien, cepat, dan transparan.
Selain itu, disarankan pula agar UPPD Tanjung mempersiapkan layanan ekstra menjelang bulan Desember, sebagai langkah antisipasi terhadap potensi meningkatnya kunjungan wajib pajak yang ingin memanfaatkan masa akhir program pemutihan.

Kunjungan ini menjadi bentuk nyata sinergi antara Bapenda Provinsi Kalimantan Selatan, Ditlantas Polda Kalsel, dan UPPD Tanjung dalam memperkuat pelayanan publik yang adaptif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Melalui koordinasi dan inovasi berkelanjutan, diharapkan pelayanan pajak kendaraan di wilayah Tabalong dapat terus meningkat dari sisi kualitas, kemudahan, dan kepuasan masyarakat.
